Senin, 29 Juli 2013
Posted by Unknown

KA Krakatau Lintas Merak-Ps Senen-Madiun

Jakarta, InfoPublik - Kementerian Perhubungan meresmikan pengoperasian dua rangkaian kereta api ekonomi AC. KA Krakatau yang diresmikan ini akan melayani lintas Stasiun Merak - Stasiun Bakauheni - Stasiun Pasar Senen - Stasiun Madiun.
Peresmian pengoperasian dilakukan bersamaan di dua lokasi yang berbeda, yakni di Stasiun Merak, oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan, didampingin Adelina Mangindaan, dan dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso, Dirut PT KAI Ignatius Jonan, Sesditjen Perkeretaapian Kemenhub Nugroho Indrio, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiah. Serta di Stasiun Madiun oleh Dirjen Perketaapian Kemenhub Tundjung Inderawan.
Pengoperasian KA Krakatau tersebut nantinya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi kereta api jarak jauh selama masa angkutan lebaran 2013 saja, namun kedepannya akan dioperasikan secara reguler pada hari-hari biasa.
Selain itu, pengoperasian kereta api ekonomi AC KA Krakatau ini juga merupakan upaya pemerintah mewujudkan integrasi antar moda transportasi, khususnya antara kereta api dengan kapal penyeberangan atau feri.
Nantinya, pengguna jasa dari Palembang dan Lampung di Pulau Sumatera dari Pelabuhan Bakauheni dapat menggunakan kereta ini menuju Pelabuhan Merak, kemudian di Stasiun Merak dapat melanjutkan perjalanan ke kota Jakarta, Purwokerto, Solo, Yogyakarta, dan Madiun di Pulau Jawa.
Menteri Perhubungan EE Mangindaan berharap, pengadaan dua rangkain kereta dapat berdampak besar bagi kelangsungan masyarakat, menjadi solusi yang baik untuk mengurangi kemacetan jalan raya dan meningkatkan mobilitas masyarakat, sehingga pada gilirannya juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, baik di Pulau Sumatera maupun di Pulau Jawa.
"Sebagai  tulang punggung transportasi, saya harap pemeliharaan armada, dan pembenahan stasiun dapat dilakukan agar menciptakan kenyamanan, sehingga armada ini bisa secara permanen digunakan, kalau bisa tersedia ruang penginapan bagi petugas yang memiliki jadwal pagi," ujar Mangindaan di Merak, Rabu (24/7).
Sekretaris Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Nugroho Indrio menambahkan, dengan kehadiran dua rangkaian KA ekonomi AC Krakatau ini, dan tarif sekali jalan Rp180 ribu, masyarakat yang mempunyai kemampuan yang terbatas tetap dapat memperoleh layanan yang baik, aman, dan nyaman.
Lebih lanjut dijelaskan Nugroho Indrio, dua rangkaian kereta api ekonomi K3 KA Krakatau yang merupakan hasil pengadaan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub yang bersumber dari dana APBN Ditjen Perketaapian Kemenhub dengan nilai total Rp78,356m. Kereta produksi anak bangsa, PT Inka Madiun tersebut selanjutnya akan diserahkan pengoperasiannya kepada PT KAI.
Dari dua rangkaian yang hari ini di resmikan pengoperasionalannya, masing-masing rangkaian kereta api Ekonomi AC KA Krakatau terdiri atas sembilan unit kereta Ekonomi AC berkapasitas total 768 tempat duduk dengan stamformasi enam unit diperuntukkan bagi kereta penumpang, dua unit untuk kereta penumpang berkebutuhan khusus, dan satu kereta makan.
sumber : http://infopublik.layanan.go.id/read/51745/pemerintah-resmikan-pengoperasian-ka-krakatau-lintas-merak-ps-senen-madiun.html

.

0 komentar "KA Krakatau Lintas Merak-Ps Senen-Madiun"