Rabu, 22 Mei 2013
Posted by Unknown

Pengukuran Arah Kiblat Mesjid-Mesjid Jarak Jauh

Alhamdulillah saya panjatkan kepada Allah swt, karena setelah melihat sebuah informasi di salah satu blog [lupa nama blognya] akhirnya saya mencoba dan mencari tahu semua tentang hal itu. Baiklah supaya tidak penasaran, yang saya maksudkan disini adalah mengukur ketepatan arah kiblat pada sebuah mesjid yang terletak di sekitar Kampung Pancur, Desa Sukasari  Kecamatan, Tunjung Teja, Serang - Banten, yang tak lain kampung tersebut adalah tempat saya dilahirkan dan sekaligus tempat yang begitu bersejarah.

Adapaun Kisah cerita arah kiblat dipndahkan oleh Allah, silakan bisa baca disini atau disini dan disini. Sebagai referensi sumber bacaan dan sekaligus informasi tambahan bagi pembaca.

Untuk mencari masjid yang hendak kamu cari, kamu harus mengarahkan kursor mouse ke sudut kanan dan kiri pojok atas. Disana cari pengaturan model pencarian yang menurut kamu mudah untuk dicari, ada pilihan Map [berbentuk peta disertai nama tempat, tapi jika di zoom yang ada hanya ada jalan2 saja], Satellite [satelit], Hybrid [], Terrain [], dan Earth []. Tapi saran saya jika kamu sudah hafal betul letak daerah mu, yang lebih mudah untuk digunakan adalah menggunakan SATELLITE, udah gitu tinggal ditekan tombol + dan - [yang ada di pojok kiri atas]. Tapi jika masih pemula dan awam ya silakan ikuti tips/cara yang saya buat dibawah ini.

Misalkan : cara yang paling mudah mencari "Kampung Pancur" adalah sebagai berikut :
  1. Masukan/Ketik nama "Serang Banten" di kotak enter address. dan pastikan pengaturannya lokasinya Map. [bukan satelit, hybrid, terain, atau earth]
  2. Disana kamu akan menemukan nama tempat : Cipocok Jaya, Curug, Sukamenak, Petir, Seuat, dan Tundjung. Nah disamping Tundjung kamu akan menemukan nama tempat PANIIS. 
  3. Silakan kamu zoom. [cukup menekan tanda [ + ] sebanyak tiga kali] 
  4. Ganti Type peta ke Hybrid. 
  5. Kamu tinggal cocokan dengan LOKASI yang ada dibawah [nama-nama masjid] yang sudah dibuat.


Oh iya, untuk mempermudah, saya sudah buatkan kordinat mesjid-mesjid yang ada disekitar daerah terdekat [yang sudah ditandai dengan berwarna biru], silakan di cek kebenarannya [silakan klik tanda yang berwarana biru, nanti secara otomatis akan muncul namannya]. Untuk menge-cek arah kiblatnya, silakan cari dan sesuaikan dengan "mesin pencarian" yang ada di atas. SELAMAT MENCOBA...

Letak dan Nama-Nama Mesjid



Dari pengamatan saya, melalui google maps diatas. Dari ke tujuh masjid tersebut yang yang paling sedikit memiliki kemirinagnnya (sekian mili) dari garis Merah (diatas) adalah Masjid Kp. Nanggor. Kemudian Masjid Kp. Pancur, yaitu kurang ke sebelah utara sedikit, di ikuti masjid Kp. Kubang, Masjid Kp. Kupluk, Masjid Kp. Ancol dan masjid Kp. Sukasari. Sedangkan Masjid Kp. Kalong (kebablasan) lebih miring ke Utara [kurang miring ke selatan].

berikut ini hasil nya :









Yang saya tulis di atas berdasarkan pengamatan dan percobaan yang sudah saya lakukan, dan sedikitpun tidak ada unsur apapun. Wallâhu’alam

Amir Hamzah

.

0 komentar "Pengukuran Arah Kiblat Mesjid-Mesjid Jarak Jauh"